Selasa, 14 Februari 2012

5 Tips Memimpin Dalam Petualangan

Berpetualang bersama teman pastilah menyenangkan, tetapi dalam perjalanan, tentu kita memerlukan pemimpin agar perjalanan lebih aman dan nyaman. Jadikan diri Anda pemimpin bagi satu kelompok perjalanan. Menjadi pemimpin yang baik tentu membutuhkan pembelajaran dan pengalaman, dan berikut ini 5 Tips Memimpin Dalam Petualangan.


1. Pelajari tempat yang akan dituju
Sebelum berangkat, pelajari dulu tempat yang akan dituju. Baik itu dari situs internet, atau pun dari pengalaman - pengalaman orang yang telah berpergian ke tempat tersebut. Pelajarilah akses yang akan dilewati, objek - objek wisata, jalur dan segala jenis hal yang akan Anda temui dalam perjalanan esok hari. Dengan mempelajari terlebih dahulu, Anda akan mengetahui apa saja hambatan dan dapat membuat jadwal perjalanan petualangan dengan cermat.

2. Peka terhadap keadaan sekitar
Pekalah terhadap lingkungan sekitar Anda selama perjalanan petualangan. Jika cuaca tidak mendukung, ada baiknya menunggu sampai cuaca kembali cerah dan memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan. Selain itu, perhatikan pula kondisi teman - teman Anda. Jika ada yang sakit, periksa terlebih dahulu dan lakukan yang terbaik. Jangan lupa untuk peka terhadap segala bentuk - bentuk kriminalitas di sekitar Anda.

3. Pandai bersosialisasi
Sebagai pemimpin, Anda adalah jembatan penghubung antara teman Anda dan masyarakat sekitar. Dengan pandai bersosialisasi, akan membuat Anda dipercaya oleh teman - teman selama perjalanan berlangsung. Sosialisasi yang baik membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan tentu akan menambah banyak teman lain selama perjalanan.

4. Siapkan fisik
Siapkan fisik Anda sebelum hari keberangkatan. Selain itu, jangan tidur larut malam dan makanlah secara teratur selama perjalanan. Dengan fisik Anda yang kuat dan prima, teman - teman Anda akan merasa nyaman berada di dekat diri Anda. Ingatkan juga kepada teman - teman Anda untuk menjaga fisik dan stamina selama perjalanan. Saling mengingatkan mejaga kondisi fisik sangatlah penting dalam petualangan.

5. Mendengar saran teman
Mendengarkan saran adalah syarat utama dalam menjadi pemimpin, tidak terkecuali menjadi pemimpin saat perjalanan berpetualang di alam terbuka. Dengarkanlah saran teman selama perjalanan. Mungkin, mereka mempunyai ide atau pengalaman di destinasi yang akan dituju. Saling mendengarkan akan membuat perjalanan lebih harmonis dan menghindari konflik selama perjalanan petualangan berlangsung.

Demikian tips - tips bagi Anda yang ingin menjadi pemimpin dalam petualangan. Dijamin, 5 tips tersebut akan menjadikan Anda pemimpin perjalanan yang handal dan membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar